Tanya Dokter Tentang Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya


Tanya dokter tentang stroke biasanya merupakan topik yang banyak dicari. Hal tersebut karena penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan ditakuti. Adapun untuk tempat bertanya mengenai penyakit stroke ini misalnya bisa dilakukan secara online yang menawarkan kemudahan, praktis, dan juga tidak membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa menggunakan aplikasi Halodoc misalnya untuk dapat bertanya mengenai penyakit stroke yang ingin Anda ketahui. Selain itu Anda juga bisa bertanya mengenai gejala stroke ringan yang dialami sehingga bisa mendapatkan solusi penanganannya dengan tepat dari dokter yang berpengalaman di aplikasi Halodoc.

Stroke ringan dikenal juga dengan serangan iskemik transien atau sesaat. Kondisinya sendiri sama dengan stroke tetapi mempunyai dampak yang tidak menimbulkan kerusakan permanen seperti pada stroke. Stroke ringan sendiri dapat dialami oleh orang yang berusia di atas 55 tahun, pernah mengalami stroke ringan, mempunyai berat badan berlebih, mempunyai kebiasaan merokok, dan juga menderita penyakit yang dapat untuk menyebabkan stroke ringan seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, gangguan irama jantung, dan penyakit lainnya. Untuk stroke ringan sendiri tidak terlalu berbahaya dibandingkan stroke yang meninggalkan kerusakan permanen, akan tetapi juga perlu dihindari. Adapun untuk menghindari terjadinya stroke sendiri ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tips pertama yang bisa digunakan untuk dapat mengurangi resiko mengalami stroke ringan adalah dengan menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang telah disebutkan bahwa mempunyai penyakit tertentu juga dapat meningkatkan faktor mengalami gejala stroke ringan. Hal tersebut juga apabila mempunyai tekanan darah tinggi. Oleh karena itulah akan sebaiknya Anda mengontrol darah tinggi yaitu pada tekanan darah 120/80 mmHg. Cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sendiri cukup mudah yaitu dengan melakukan pola hidup sehat terutama menjaga makanan yang dikonsumsi. Hindari untuk mengkonsumsi banyak garam dan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan.

2. Menurunkan berat badan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke ringan adalah dengan menurunkan berat badan. Hal tersebut karena seperti yang kita ketahui bahwa obesitas merupakan salah satu resiko yang dapat membuat mengalami banyak penyakit termasuk juga menurunkan berat badan. Bagi Anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan bisa untuk berusaha untuk menurunkannya seperti dengan cara berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat.

3. Berolahraga

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi stroke ringan adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk seseorang terutama dapat untuk mencegah banyak penyakit. Sehingga ketika ingin menghindari penyakit seperti stroke ringan juga dapat melakukan olahraga secara rutin. Anda tidak harus untuk olahraga berat dan melakukannya di gym. Karena cukup dengan melakukan lari, yoga, dan juga jalan kaki maka bisa untuk membuat badan lebih sehat dan terhindar dari mengalami stroke ringan.
 

4. Berhenti merokok

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan misalnya ketika tanya dokter tentang stroke dan cara menghindarinya adalah dengan berhenti merokok. Kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan yang dapat untuk meningkatkan terjadinya stroke karena dapat membuat darah mengental. Karena kondisi tersebut dapat menjadi penumpukan plak sehingga menyumbat pembuluh darah yang menjadi terjadinya stroke. Oleh karena itulah Anda bisa untuk mulai kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan ini agar dapat mengurangi resiko terjadinya stroke.

1 Komentar untuk "Tanya Dokter Tentang Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel