Transformasi Sistem dan Aplikasi POS Indonesia 2019


Aplikasi POS Indonesia – Persaingan bisnis semakin ketat dimana agar bisa bersaing dengan kompetitor penting untuk meningkatkan performa dan juga pelayanan dalam bisnisnya. Human error dan juga pelayanan bisnis yang lamban hanya akan membuat konsumen menjadi kapok untuk berbelanja di bisnis Anda tersebut.

Untungnya saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dimana dengan hal tersebut Anda bisa menggunakannya untuk membantu operasional bisnis Anda.
Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menangani penjualan dan mempercepat pelayanan adalah POS. POS adalah singkatan adalah Point of Sales. 

Untuk menjawab kebutuhan bisnis yang semakin kompleks saat ini aplikasi POS Indonesia semakin canggih, memberikan fleksibilitas, kontrol, dan juga kecerdasan yang lebih besar dibandingkan dengan sistem yang ada sebelumnya.

Agar bisa memberikan performa yang maksimal, aplikasi dan juga sistem POS ini bertransformasi menjadi lebih canggih lagi. Terbukti sudah ada beberapa transformasi sistem POS yang sudah dilakukan seperti berikut ini:

1. Multi Channel

Yang pertama ada multi channel. Dengan sistem ini, bisnis Anda bisa dijalankan dengan cara online. Dengan sistem ini juga bisa  memberikan kesempatan bagi bisnis seperti ritel agar bisa tumbuh dengan cara signifikan. Hal menonjol pada aplikasi POS yang menggunakan sistem ini adalah bisa melakukan integrasi dengan platform e-commerce.  Menggunakan sistem ini juga akan menghemat waktu karena Anda hanya perlu melakukan pengontrolan di satu tempat dan prosesnya juga dilakukan secara otomatis. Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah multi channel yang mana bisa membuat laporan penjualan yang dilakukan secara real time.

2. Mobile POS

Transformasi aplikasi POS selanjutnya adalah mobile POS.  Layanan mobile POS ini akan memudahkan user dalam melakukan otomatisasi proses penjualan terutama ruangan yang terbatas. Dengan mobile POS ini baik aplikasi atau website pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen menjadi semakin maksimal. Risiko kehilangan data otomatis akan bisa dihilangkan terutama bagi perusahaan ritel yang sering mengikuti pameran dan juga bazar. Selain itu pelanggan juga lebih sering menggunakan transaksi non tunai atau non cash untuk pembayaran sehingga beberapa vendor aplikasi memungkinkan pelanggan agar bisa membayar langsung dari smartphone mereka sendiri atau menggunakan pemindai POS agar bisa membaca barcode atau QR pada layar seluler yang tertera.

3. POS dan CRM

Sistem POS kemudian bertransformasi semakin modern dan canggih dimana dia bisa di integrasikan dengan CRM. POS sebelumnya hanya menyediakan fungsi yang mana hanya bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan juga meningkatkan pendapatan. Sedangkan saat ini POS bisa di integrasikan dengan CRM yang mana bisa memungkinkan bagi Anda untuk melihat seperti apa perilaku pelanggan yang mana sangat bermanfaat bagi Anda.  Dengan CRM ini Anda bisa tahu seperti apa riwayat pelanggan tersebut saat berbelanja selain itu juga bermanfaat dalam melakukan marketing dimana Anda bisa menawarkan produk yang mana sesuai dengan minat dan keinginan pelanggan tersebut. Jika tidak menggunakan CRM ini Anda kesulitan dalam Menentukan pola belanja pelanggan Anda.

4. Menunjang Kolektivitas Data

Aplikasi POS Indonesia saat ini bertransformasi untuk bisa mewujudkan kolektivitas data. Data tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan besar saja namun bagi perusahaan kecil.  Salah satu transformasi terbesar POS adalah dilakukan dengan sewa bulanan dengan kemampuan yang sama berupa mengumpulkan informasi berharga dari setiap transaksi sehingga secara langsung POS bisa membantu pemilik bisnis dalam menentukan keputusan bisnis yang tepat.

Aplikasi POS ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mesin cashier biasa dimana dalam hal fitur dan juga keamanannya lebih terjamin dibandingkan dengan mesin cashier biasa. Dengan transformasi yang terus menerus tersebut tidak mengherankan jika aplikasi POS Indonesia ini bisa membantu penjualan bisnis menjadi lebih berkembang lagi.

Komentar

  1. Jala A cloud-based lead management software that is customized to integrate with your online-offline lead generation an

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengecek Spesifikasi Pakan Berkualitas Untuk Hewan Peliharaan Anda

5 Tips Sewa Serviced Office Jakarta Barat yang Baik dan Benar